HAJAT LAUT DI PANGANDARAN

Balas Budi Atas Karunia Alam Ala Nelayan



Segala seuatu yang telah kita raih, wajib untuk kita berucap syukur kepada sang pemberi. Hal inilah yang dilakukan oleh para nelayan di kawasan Pantai Pangandaran. Sebagai ucapan terima kasih, mereka (nelayan) menggelar acara Sukuran Nelayan, yang oleh masyarakat setempat lebih populer dengan istilah ”Hajat Laut”. Pantai Pangandaran adalah salah satu obyek wisata yang cukup populer di masyarakat Indonesia maupun manca negara. Lokasinya di bagian selatan Jawa, masuk dalam wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Untuk mencapai tempat ini, hanya diperlukan waktu tidak lebih dari 2 jam dari Kota Ciamis, atau sekitar 5 jam dari Bandung.
Alasan diadakannya acara Syukuran Nelayan tersebut amat sederhana, yakni untuk memberikan persembahan berupa sesajian kepada penguasa Pantai Selatan yang telah memberikan kemakmuran kepada para nelayan selama ini. Mereka bersyukur dan berterima kasih atas semua kekayaan yang dilimpahkan di perairan laut di selatan pulau Jawa itu. Secara umum, acara yang diadakan pada setiap bulan Suro (penanggalan Jawa) itu amat meriah, dihadiri oleh puluhan bahkan ratusan ribu orang. Acara hajat laut tahun 2009 ini dilaksanakan pada hari Senin, 26 Januari silam.
Sebelum para nelayan membawa sesaji ke tengah laut, diadakan doa terlebih dahulu seperti pembacaan Ayat Suci Al Qur’an dan pembacaan Yasin. Karena hanya kepada-Nyalah kita berserah atas semua yang telah diberikan. Acara yang dilaksanakan rutin setiap tahunnya ini juga mempunyai makna agar semua penduduk pantai mendapat keselamatan bilamana mereka mengambil sumber daya alam yang ada dipantai selatan tanpa harus merusaknya.
Setelah seluruh rangkaian acara doa selesai, saat yang ditunggu-tunggu oleh para nelayan inipun tiba. Sekitar 12 Jempana (sesaji) mulai diturunkan ke pinggir laut. Beberapa sesaji yang berisikan kepala kerbau dan kambing untuk dihanyutkan ke tengah laut. Satu persatu jempana mulai dinaikan ke atas perahu besar (bermotor) dan selanjutnya dibawa ketengah laut. Secara serentak para nelayan mulai mengikuti perahu besar yang berisi sesaji tersebut. Layaknya seperti di lintasan balap, para perahu nelayan mencoba untuk melaju cepat, merapat ketat ke perahu besar, mengawal jempana utama hingga ke lokasi yang sudah ditentukan di kejauhan laut.
Sesampainya di lokasi tujuan di tengah laut, jempana tersebut satu persatu mulai diturunkan dari perahu untuk kemudian ditenggelamkan. Keriangan para nelayan terlihat, terpancar dari mimik syukur, mata yang berbinar, dan suara riuh di antara mereka. Seketika, mereka dengan membawa sebuah ember berloncatan ke tengah laut untuk lebih mendekat dengan jempana utama. Setelah jempana dilepas dan perlahan tenggelam, para nelayan berebut air laut di sekitar jempana itu tenggelam untuk seterusnya diguyurkan ke perahu mereka masing-masing. Konon, dengan cara seperti ini diharapkan selama satu tahun ke depan para nelayan bisa mendapat keberkahan dengan hasil tangkapan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Setelah semua proses selesai, merekapun kembali pulang dan berharap apa yang telah mereka lakukan hari ini bisa menjadi pertanda syukur mereka kepada pencipta dan pemberi berkah.
Serangkaian dengan acara utama menghayutkan sesaji di lautan, kegiatan Syukuran Nelayan ini juga dimeriahkan dengan perlombaan serta acara budaya lainnya. Ada acara panjat pinang dan tangkap bebek di laut. Selain itu, ditampilkan berbagai kesenian tradisional, seperti tari-tarian, musik tradisional, dan marching band. Ada acara dangdutannya juga loohh... Para nelayan berharap acara ini bisa terus berlangsung hingga anak-cucu mereka nanti. Oleh karena itu, diharapkan khususnya Pemda setempat untuk terus mendukung pelaksanaan acara tahunan ini. Event ini merupakan sebagai tujuan wisata budaya yang sangat menarik untuk dikunjungi, baik bagi para wisatawan lokal maupun asing. (Yosef Ferdyana & Naswardi)


Untuk selengkapnya Info wisata silahkan Hububgi ke :






PT. Indonesia Paradise Tours
Ruko Grand Bintaro Blok A-7
Jl. Bintaro Permai Raya, Bintaro
Pesanggrahan – Jakarta 12320
Hp. 08999282705 .
Tel.  +62 21 73885036, 7340682
Fax. +62 21 7341494
           - faris@indietours.co.id


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar